Sabtu, 12 November 2011

Belajar Dasar-Dasar web Dengan HTML

Komponen-komponen layanan yang tesedia oleh internet sejak awal hingga kini terus berkembang, semakin banyak dan sangat beragam baik sifat maupun manfaatnya.  Komponen yang dimaksud bisa berarti layanan internet, piranti (tool), utiliti atau sistem tertentu di internet. Sejalan dengan berkembangnya internet, komponen-komponen tersebut berubah-ubah jumlahnya setiap saat. Untuk mengakses layanan-layanan di internet, diperlukan komponen-komponen program client yang spesifik yang terinstal pada komputer pengguna internet. Komponen-komponen layanan internet yang berhubungan dengan web dijelaskan dibawah ini.

a. Web Browser
Web Browser merupakan salah satu jenis program client yang dapat mengakses beberapa layanan internet. Untuk mengakses layanan tertentu pada jaringan internet, web browser menggunakan konsep URL (Uniform Resources Locator) untuk menuliskan alamat yang akan diakses. Web browser saat ini yang banyak digunakan seperti Internet Explorer, Netscape, GodZilla, Opera, dan sebagainya.
b. WWW (World-Wide Web)
Layanan WWW (3W) atau biasa juga disebut Web merupakan jenis layanan yang paling popular dikalangan pengguna internet. WWW tidak hanya berfungsi sebagai media untuk mencari informasi, tetapi Web sudah banyak digunakan secara komersial oleh hampir semua perusahaan-perusahaan di seluruh dunia untuk mengiklankan usaha mereka. Setiap dokumen yang ditulis menggunakan suatu format standar yang disebut HTML (HyperText Markup Language).
Dokumen yang ditransfer antar Web Server menggunakan suatu protokol yang disebut HTTP (HyperText Transfer Protocol). Web saat ini telah semakin dinamis, interaktif dan cerdas dengan bahasa pemrograman yang dikembangkan untuk menutupi kekurangan yang terdapat pada HTML sebagai bahasa standar untuk Web. Kalau dulu suatu Web hanya dapat menyajikan informasi, saat ini suatu Web telah dapat berinteraksi dengan pengguna melalui pengisian form, validasi input atau transaksi online. Untuk mengkases Web, dapat digunakan Web Browser seperti Netscape Navigator, Internet Explorer, Neoplanet, Mosaic dan lain sebagainya.

World Wide Web (WWW) merupakan bagian dari internet yang paling cepat berkembang dan paling populer. WWW bekerja merdasarkan pada tiga mekanisme berikut:
  • Protocol standard aturan yang di gunakan untuk berkomunikasi pada computer networking, Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah protocol untuk WWW.
  • Address WWW memiliki aturan penamaan alamat web yaitu URL(Uniform Resource Locator) yang di gunakan sebagai standard alamat internet.
  • HTML digunakan untuk membuat document yang bisa di akses melalui web. Ini merupakan script dasar web yang akan dipelajari dalam tutorial i


sumber:http://ajimedia.com/27/belajar-dasar-dasar-web-dengan-html-bab1-pendahuluan  .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar